Jenis-Jenis Fotografi (Bagian - 1)

Dalam dunia fotografi banyak dikenal jenis-jenis fotografi yang sanggup dijadikan spesialisasi Anda, baik fotografer profesional maupun amatir memiliki spesialisasi atau ketertarikan yang berbeda terhadap jenis fotografi. Seorang fotografer profesional boleh jadi menimbulkan fotografi jurnalistik sebagai spesialisasi nya sedangkan fotografer amatir boleh jadi tertarik pada fotografi makro. Tidak ada hukum yang baku mana jenis fotografi yang harus Anda pilih, itu semua tergantung pada ketertarikan Anda saja. Berikut yaitu beberapa jenis-jenis fotografi yang umum diketahui.

1. Fotografi Jurnalistik (Photojournalism)

Meskipun fotografer amatir sanggup masuk ke jenis fotografi ini tanpa training formal, namun fotografi jurnalistik sering terbatas pada fotografer profesional. Salah satu alasan jurnalistik umumnya dilakukan olehh para profesional yaitu bahwa fotografer harus benar-benar yakin bahwa jepretannya harus mempertahankan keaslian insiden yang sebenarnya.
Fotografi jurnalistik membutuhkan fotografer nya untuk memotret sesuai dengan fakta aslinya, tidak ada perubahan atau tidak ada manipulasi terhadap insiden aslinya. Foto dari fotografi jurnalistik sering berupa foto yang bermakna berpengaruh yang melibatkan pemirsa atau pembacanya ke dalam suatu cerita. Untuk mengetahui bagaimana Tutorial dan memiliki feeling yang berpengaruh dalam mengambil gambar dengan menangkap emosi yang orisinil sering dipelajari hanya melalui praktek dan pengalaman yang bertahun-tahun.
Hanging on to dreams… by Lorraine Daley

2. Fotografi dokumenter (Documentary Photography)

Foto dokumenter menceritakan sebuah insiden dengan gambar. Perbedaan utama antara fotografi jurnalistik dan fotografi dokumenter yaitu bahwa fotografi dokumenter dimaksudkan sebagai dokumen sejarah masa politik atau sosial, sementara fotografi jurnalistik berisi insiden tertentu atau kejadian tertentu saja.
Seorang fotografer dokumenter mungkin memotret serangkaian gambar dari tunawisma di sentra kota atau rentetan insiden pertempuran internasional. Setiap topik sanggup menjadi subyek fotografi dokumenter. Seperti foto jurnalistik, fotografi dokumenter berusaha untuk mengatakan kebenaran tanpa memanipulasi gambar.
 
Bersambung...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Crop Factor Kamera Digital

Tips Untuk Teknik Pemotretan Bagi Fotografer Pemula

Tips Dan Trik Fotografi Untuk Memotret Anak Kecil