5 Element Untuk Foto Yang Menakjubkan


Setiap orang yang mempunyai kamera pastinya ingin menghasilkan foto yang menakjubkan sehingga orang lain akan berkomentar “Wow, foto yang luar biasa!”, tetapi hanya sedikit yang mendapat akreditasi atau komentar ibarat itu.
Kenapa? Mungkin alasannya tidak banyak dari fotografer yang tahu bagaimana menghasilkan foto yang menakjubkan dan luar biasa.

So, marilah kita coba untuk melihat 5 elemen yang menciptakan foto menjadi menakjubkan:

1. Foto yang menakjubkan yakni foto yang mempunyai komposisi yang baik.

Pada artikel sebelumnya telah dibahas perihal komposisi dan elemen-elemennya, selain itu Anda sanggup juga mempelajari perihal komposisi foto melalui buku, e-book atau website yang membahas perihal fotografi. Berikut yakni hal-hal sederhana yang perlu diingat perihal komposisi yang baik:

Mengambil foto lebih bersahabat ke objek. Foto embun di kelopak bunga mawar lebih menakjubkan untuk dilihat dibandingkan dengan foto bunga mawar dari kejauhan yang sanggup mengaburkan point of interest (objek yang menjadi sentra perhatian) sebuah foto. 

Bingkai objek foto Anda. Jika Anda memotret pemandangan, coba manfaatkan ranting pohon sebagai foreground (latar depan) yang sanggup membingkai foto Anda, bingkai ini tidak harus fokus dengan sempurna. Anda juga sanggup melaksanakan pembingkaian dengan efektif jikalau memotret manusia. Foto sekumpulan bawah umur sanggup dibingkai dengan memakai ban sebagai foreground. Kuncinya adalah, coba lebih kreatif dalam pembingkaian dengan memanfaatkan benda yang ada disekitar Anda.
Photo by Junichiro Aoyama
Gunakan rule of third. Bayangkan Anda menciptakan 2 garis horizontal dan 2 garis vertical hingga membagi area yang akan di foto menjadi 9 bab yang sama besar kemudian tempatkan objek yang menjadi sentra perhatian di titik perpotongan garis horizontal dan vertical. Coba gunakan prinsip ini dalam mengambil foto, Anda akan mendapat hasil foto yang lebih menakjubkan.

Jika Anda memotret pemandangan, coba cari bentuk kurva “S” untuk dimasukkan ke dalam foto ibarat anutan sungai yang berkelok atau jalan yang berkelok, selain itu Anda juga sanggup memasukkan kurva yang terbentuk oleh bunga atau tanaman lainnya. Bentuk kurva pada foto lebih menarik untuk dilihat dari pada bentuk yang lurus-lurus saja.

Gunakan diagonal. Penggunaan elemen diagonal pada foto akan menarik mata menuju objek yang akan ditonjolkan sehingga foto terlihat lebih menakjubkan untuk dilihat.  


2. Foto yang menakjubkan yakni foto yang mempunyai eksposure yang tepat.

Foto dengan eksposure yang buruk takkan pernah menghasilkan foto yang menakjubkan. Meskipun dilakukan proses editing sedemikian rupa dengan software khusus tetap saja tidak akan menghasilkan foto yang lebih baik jikalau dibandingkan dengan foto yang mempunyai eksposure yang tepat. So, hindari foto yang under exposed atau over exposed.


3. Foto yang menakjubkan yakni foto yang sanggup menggugah perasaan.

Sebuah foto yang cantik sanggup membangkitkan emosi, Anda akan mengalami perasaan ngeri jikalau melihat foto perang atau tertawa bahagia melihat foto anak kecil yang lucu, foto yang cantik seharusnya sanggup membangkit suatu perasaan yang berpengaruh terhadap pemirsa. Makara sebelum Anda memencet tombol Shutter, tanyakan pada diri Anda emosi apa yang ingin Anda bangkitkan melalui foto Anda.
Photo by Mike Wells

4. Foto yang menakjubkan yakni foto yang sanggup menceritakan sebuah cerita.

Ini mungkin agak sulit untuk percaya pada awalnya, tetapi sebuah foto yang baik selalu menceritakan sebuah cerita. Jika itu sebuah foto seseorang, foto yang baik yakni perihal "siapa" orang itu. Jika sebuah foto pemandangan bercerita perihal suatu daerah, sebisa mungkin foto tersebut menunjukkan ke pemirsa perihal keadaan kawasan tersebut, apakah kawasan tersebut kawasan yang sunyi di isu terkini masbodoh atau kawasan yang ramai dengan kegiatan di isu terkini semi. Hal ini sama ibarat perasaan apa yang Anda ingin bangkitkan melalui foto, foto yang menakjubkan juga sanggup menceritakan kisah yang ingin Anda sampaikan.
Photo by Timothy H. O'Sullivan

5.  Foto yang menakjubkan yakni foto yang “berkata” sesuatu perihal kehidupan.

Foto-foto kenangan memberitahu sesuatu kepada pemirsa lebih dari sekedar apa yang terlihat pada foto tersebut. Kita semua banyak melihat foto-foto binatang lucu yang mempunyai daya tarik yang sangat besar alasannya mereka seakan-akan “memberitahu” pemirsa bahwa mereka penuh kegembiraan dan kepolosan dikala bermain-main. Gunakan foto Anda untuk berkomunikasi perihal hal yang Anda ketahui perihal kehidupan konkret kepada pemirsa foto Anda.
Photo by Kevin Carter


Jika Anda memakai salah satu dari lima elemen diatas, setidaknya foto Anda mendapat akreditasi bahwa foto Anda yakni foto yang bagus. Semakin banyak elemen diatas yang Anda gunakan maka Anda semakin bersahabat dengan pengkuan “Wow, foto yang luar biasa!” dari pemirsa foto. Gunakan ke lima elemen tersebut untuk mendapat foto yang menjadi masterpiece Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Dan Trik Fotografi Untuk Memotret Anak Kecil

Mengetahui Mode Shutter Priority Dalam 2 Langkah

Mengenal Crop Factor Kamera Digital