Mengetahui Focal Length (Jarak Fokus) Lensa Kamera Dslr

Focal length atau jarak fokus merupakan jarak dalam satuan milimeter (mm) antara cuilan tengah elemen optik lensa dengan gambar yang terbentuk pada sensor atau film pada kamera. 
Focal Length pada lensa kamera DSLR

Selain memilih sudut pandang (field of view) atau seberapa luas area yang sanggup ditangkap oleh kamera, focal length sebuah lensa juga mengontrol seberapa lebar atau seberapa sempit perspektifnya (pembesaran terhadap objek). Sebuah lensa dengan perspektif yang lebar (lensa wide) akan menunjukkan pandangan yang luas sehingga objek terlihat lebih kecil dalam foto, lensa dengan perspektif menengah (lensa normal) akan menunjukkan pandangan yang normal sedangkan lensa dengan perspektif sempit (lensa tele) akan menciptakan objek yang jauh terlihat lebih besar pada foto.
Pengaruh Focal Length terhadap sudut pandang (Field of View)

Kalau boleh disimpulkan, kira-kira begini:
Semakin pendek Focal Length, semakin lebar sudut pandang dan semakin lebar perspektif terhadap objek (pandangan yang terlihat pada foto semakin luas), hal ini sanggup ditemukan pada lensa wide
Semakin panjang Focal Length, semakin sempit sudut pandang dan semakin sempit perspektif terhadap objek (pandangan yang terlihat pada foto semakin sempit), hal ini sanggup ditemukan pada lensa tele.

Focal length yang paling umum dikenal sanggup dikelompokkan ke dalam beberapa kategori (catatan: beberapa kategori ada focal length nya overlapping atau tumpang tindih antara kategori-kategori yang berdekatan). Daftar berikut merupakan asumsi focal length lensa yang dipakai dengan sedikit tumpang tindih dalam focal length antara beberapa kategori.

Lensa Ultra-Wide Angle: 10-15mm
Lensa ini menghasilkan cakupan pandangan yang lebih luas daripada lensa standar dengan menciptakan objek tampak lebih kecil dibandingkan dengan lensa normal. Lensa ini memiliki DoF (depth of field, rentang kedalaman fokus pada objek) yang luar biasa sehingga memungkinkan seseorang mengambil foto dengan fokus yang sama mulai dari foreground (latar depan) sampai background (latar belakang).

Lensa Wide Angle: 16-28mm
Lensa ini sering dipakai dalam memotret pemandangan, arsitektur dan fotografi interior. Sebuah lensa wide angle berkhasiat untuk memotret objek di lokasi dimana sang fotografer tidak memungkinan untuk bergerak mundur untuk memuat seluruh pandangan objek yang diinginkan.

Lensa Normal: 28-40mm
Rentang focal length ini baik digunakan untuk pemotretan ¾ body foto model dan full body foto model, atau untuk pemotretan grup dengan jumlah orang sedikit.

Short Telephoto Lenses: 40-60mm
Lensa dengan kisaran focal length ini disebut lensa potret, sebab lensa ini menunjukkan perspektif atau pandangan pada kepala dan pundak dari foto model.

Lensa Telephoto Medium: 60-135mm
Lensa dengan kisaran focal length ini terkenal untuk foto close-up dan macro fotography sebab sanggup dipakai pada jarak yang erat antara objek dan kamera.

Lensa Telephoto Panjang: 135-300mm
Focal length ini berkhasiat untuk memperbesar objek yang terlalu jauh dari kamera untuk mengisi frame. Lensa dengan focal length ini sangat membantu dalam pemotretan konser musik di panggung, aTutorial olahraga dan foto candid. Lensa tele memerlukan beberapa teknik untuk meminimalkan imbas goyangan kamera karena lensa tele rentan terhadap goyangan yang berimbas pada berkurangya ketajaman foto.

Lensa Super Telephoto: 300mm keatas
Focal length yang sangat panjang paling berkhasiat bagi fotografer untuk memotret satwa liar yang harus memotret dari ratusan meter jauhnya, atau makhluk yang lebih kecil dari puluhan meter jauhnya. Lensa ini sering juga dipakai untuk memotret acara olahraga yang tidak memungkinkan fotografer untuk mengambil foto dari jarak erat menyerupai pemotretan agresi pemain sepakbola di tengah lapangan yang diambil dari pinggir lapangan.

Perbandingan foto dengan aneka macam focal length

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Dan Trik Fotografi Untuk Memotret Anak Kecil

Mengetahui Mode Shutter Priority Dalam 2 Langkah

Tips Untuk Teknik Pemotretan Bagi Fotografer Pemula